Pelayanan Pengaduan Masyarakat Terhadap Bidang Ketenagakerjaan

PROSEDUR PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT TERHADAP BIDANG KETENAGAKERJAAN

No. Uraian Prosedur Pelaksana Mutu Baku Keterangan
Pemohon Pengadministrasi surat Kepala Dinas Sekretaris Kepala Bidang Persyaratan/ Kelengkapan Waktu Output
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
1 Menyampaikan surat pengaduan ke Sekretariat Dinas Tenaga Kerja Kota Malang
Surat pengaduan 10 menit Agenda surat masuk Persyaratan : surat pengaduan secara tertulis dari pemohon
2 Mencatat surat permohonan kedalam buku agenda dan menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Dinas Agenda surat masuk 15 menit Form Disposisi surat
3 Mendisposisi surat kepada sekretaris  untuk memproses pengaduan dan menyerahkan disposisi kepada pengadministrasi surat. Form disposisi surat 15 menit Disposisi kepala dinas
4 Menyampaikan surat pengaduan dan disposisi kepala dinas kepada Sekretaris Disposisi kepala dinas dan buku distribusi surat ke bidang 15 menit Buku distribusi surat yang telah diparaf
5 Memerintahkan kepada Kepala Kepala Bidang terkait untuk menindaklanjuti pengaduan. Disposisi Kepala Dinas 15 menit Disposisi Sekretaris
6 Menyusun konsep jawaban pengaduan yang berisi penjelasan dan bilamana perlu berisi kesanggupan untuk perbaikan terhadap pelayanan sesuai dengan pengaduan masyarakat. Konsep diserahkan kembali kepada sekretaris Disposisi sekretaris dan surat pengaduan 2 hari Konsep Surat jawaban pengaduan
7 Memeriksa dan memaraf konsep jawaban pengaduan dan meneruskan kepada Kepala Dinas. Konsep   surat jawaban pengaduan 15 menit Konsep Surat jawaban pengaduan
8 Menandatangani konsep jawaban pengaduan dan mengembalikan kepada pengadministrasi surat. Konsep   surat jawaban pengaduan 15 menit Surat jawaban pengaduan
9 Mengagenda dan menyerahkan jawaban pengaduan kepada pemohon. Surat jawaban pengaduan 15 menit Surat jawaban pengaduan
10 Menerima surat jawaban atas pengaduan. Surat jawaban pengaduan 15 menit Surat jawaban pengaduan
a. Masyarakat membuat pengaduan secara tertulis (surat pengaduan)
b. Surat pengaduan disampaikan ke Sekretariat Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi  Kota Malang
c. Sekretariat meneruskan surat pengaduan kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Kota Malang
d. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi  Kota Malang memerintahkan Kepala Sekretariat dan Kepala Bidang yang terkait dengan pengaduan masyarakat tersebut, untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat.
e. Untuk menindak lanjuti pengaduan masyarakat, Sekretariat dan Bidang yang terkait menyusun konsep jawaban pengaduan yang berisi penjelasan dan bilamana perlu berisi kesanggupan untuk perbaikan terhadap pelayanan sesuai dengan pengaduan masyarakat.
f. Konsep jawaban pengaduan disampaikan kepada Kepala Dinas, untuk ditandatangani dan  disampaikan kepada masyarakat yang menyampaikan pengaduan mengenai pelayanan ketenagakerjaan di Kota Malang melalui Sekretariat.
g. Konsep surat pencatatan diserahkan kepada Kepala Dinas untuk ditandatangani
h. Apabila telah ditandatangani, maka surat pencatatan disampaikan kepada Pemohon melalui Sekretariat.
a. Masyarakat membuat pengaduan secara tertulis (surat pengaduan)
b. Surat pengaduan disampaikan ke Sekretariat Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang
c. Sekretariat meneruskan surat pengaduan kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang
d. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang memerintahkan Kepala Sekretariat dan Kepala Bidang yang terkait dengan pengaduan masyarakat tersebut, untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat.
e. Untuk menindak lanjuti pengaduan masyarakat, Sekretariat dan Bidang yang terkait menyusun konsep jawaban pengaduan yang berisi penjelasan dan bilamana perlu berisi kesanggupan untuk perbaikan terhadap pelayanan sesuai dengan pengaduan masyarakat.
f. Konsep jawaban pengaduan disampaikan kepada Kepala Dinas, untuk ditandatangani dan  disampaikan kepada masyarakat yang menyampaikan pengaduan mengenai pelayanan ketenagakerjaan di Kota Malang melalui Sekretariat.